Kebudayaan Suku Betawi




Suku Betawi biasa mendiami daerah Jakarta atau yg dulu lebih dikenal dengan sebutan Batavia. Sifat campur-aduk dalam dialek Betawi adalah cerminan dari kebudayaan Betawi secara umum, yang merupakan hasil perkawinan berbagai macam kebudayaan, baik yang berasal dari daerah-daerah lain di Nusantara maupun kebudayaan asing. Kata Betawi digunakan untuk menyatakan suku asli yang menghuni Jakarta dan bahasa Melayu Kreol yang digunakannya, dan juga kebudayaan Melayunya. Kata Betawi berasal dari kata "Batavia," yaitu nama lama Jakarta pada masa Hindia Belanda.
            Sebagai anak keturunan suku betawi saya merasa bangga karna pada dasarnya budaya betawi mempunyai banyak seni-seni daerah yang masih ada dan juga masih dilestarikan sampe saat ini. Budaya betawi juga tidak kalah dengan budaya asing yang makin lama makin menjamur di daerah Jakarta. Contohnya pada saat upacara pernikahan suku betawi terdapat suatu makanan khas yang identik dengan suku betawi seperti roti buaya. Kesenian lainnya yang masih ada sampe saat ini dalam adat suku betawi adalah menyalakan mercon atau petasan pada acara-acara penting tertentu diiringi dengan lantunan pantun dan juga pencak silat.
Dalam bidang kesenian, misalnya, orang Betawi memiliki seni Gambang Kromong yang berasal dari seni musik Tionghoa, tetapi juga ada Rebana yang berakar pada tradisi musik Arab, Keroncong Tugu dengan latar belakang Portugis-Arab, dan Tanjidor yang berlatarbelakang ke-Belanda-an. Saat ini Suku Betawi terkenal dengan seni Lenong, Gambang Kromong, Rebana Tanjidor dan Keroncong.
Saya bangga menjadi anak keturunan darah betawi, walaupun kebanyakan orang menyebutkan bahwa betawi mempunyai tutur bhasa yang kasar dan juga emosional tapi saya merasa bahwa inilah cirri khas dari budaya kami, budaya suku betawi :)

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Kebudayaan Suku Betawi ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 25 April 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Kebudayaan Suku Betawi
 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.