Struktur Pasar
Pasar adalah suatu tempat dimana penjual dan pembeli dipertemukan lewat sebuah transaksi pembayaran unuk sebuah barang atau jasa.
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
Pasar persaingan monopolistik: Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Pasar monopsoni: Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
Pasar oligopsoni: bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
0 komentar:
Posting Komentar