Resume Kelompok 2

Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.


Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu:

1. Faktor Budaya
Budaya memiliki peran aktif dalam perilaku konsumen karena budaya terus menerus berkembang dan diwarisi dari generasi ke genarasi. Contohnya Indonesia masih menganut budaya orang timur.

2. Faktor Sosial
Faktor sosial biasanya besifat homogenus di mana suatu kelompok sosial setiap individu saling bertukar nilai, gaya hidup, ketertarikan, kekayaan, status, pendidikan dan perilaku sehingga sangat mempengaruhi perilaku individu-individu tersebut secara signifikan agar di terima di dalam kelompoknya.

3. Faktor Keluarga
Gaya hidup keluarga maupun rumah tangga sangat mempengaruhi pola dan perilaku konsumen. Semakin tinggi situasi ekonomi dari keluarga tersebut, maka makin tinggi pula tingkat perilaku konsumen mereka.

4. Faktor Pribadi
Faktor pribadi biasanya berasal dari situasi ekonomi, gaya hidup, kepribadian, umur dan pekerjaan si individu.

5. Faktor Psikologi
Motivasi konsumen itu mewakili dorongan untuk memuaskan kebutuhan baik yang besifat fisiologis maupun psikologis melalui pembelian dan penggunaan suatu produk.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Resume Kelompok 2 ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 02 Mei 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Resume Kelompok 2
 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.